50 Burung di Forgotten Songs, Sydney

By Wina Silfanna - Jumat, Juli 19, 2019

Sydney tidak hanya menarik karena pantai, taman, mall, Harbour Bridge, dan Sydney Opera House saja. Sejujurnya, aku justru ke Sydney Opera House dan Harbour Bridge di hari ketiga setelah sampai ke Sydney, itupun karena diajak xD. Sebagai orang yang tidak pernah memasukkan Sydney ataupun kota lain di Australia di "daftar tempat yang ingin dikunjungi suatu saat nanti", tidak ada ekspektasi atau tujuan tertentu selain mencoba untuk bertahan hidup disini.

Forgotten Songs Angel Place


Seminggu sebelum kembali ke Medan aku tidak melanjutkan kontrak kerja karena ingin lebih santai keliling Sydney. Suatu hari yang biasa biasa saja dengan sedikit lapar, seorang teman menunjukkan foto sebuah gang dengan kumpulan sangkar burung tergantung di atas dan mengajakku kesana. Setelah mencari info di internet, kami menemukan alamatnya.

Angel Place, walaupun tadi aku menyebutnya gang tapi bayangkan saja gang yang lebih besar. Aku kira ini cuma sebatas "tempat foto kece di Sydney", ketika kami berjalan mendekat ke bawah sangkar, suara kicauan burung mulai terdengar. Aku mendongak ke atas dan melihat sangkar yang semuanya kosong, eh?

Forgotten Songs Angel Place


Aku berjalan sampai ke ujung, sisi kiri merupakan sisi outdoor sebuah restoran dan di ujung sisi kanan terpasang keterangan tentang kumpulan sangkar kosong ini, Forgotten Songs.

Forgotten Song merupakan instalasi seni berupa kumpulan sangkar burung kosong dengan rekaman 50 suara burung yang dulunya di tengah kota Sydney. Burung-burung itu bermigrasi meninggalkan Sydney ketika daerah itu mulai dihuni oleh pendatang dari Eropa. Tapi masih ada 2-3 spesies yang masih bisa ditemukan di kota seperti white ibis, sulphur crested cockatoos, mynahs, dan merpati.


Forgotten Songs Angel Place

Forgotten Songs Angel Place


Forgotten Songs merupakan karya seni kolaborasi antara seniman Michael Thomas Hill, peneliti Dr Richard Major, perancang Richard Wong, dan programmer Dave Towey. Di bagian bawah terdapat nama-nama spesies burung yang aku tidak sempat hitung berapa nama burung yang terukir disana, mungkin tepat 50 mungkin kurang.

Inilah hal menarik yang aku temukan di Sydney, instalasi seni yang digarap secara serius. Forgotten Songs tidak sebatas sangkar burung instagramable di tengah kota Sydney. Suara burung yang terdengar sebelumnya adalah suara tiap spesies burung yang direkam oleh peneliti, tidak hanya itu, ternyata suara burung yang diputar di siang hari berbeda dengan malam hari (dikhususkan untuk yang nokturnal saja)

Forgotten Songs Angel Place




Ga cuma dapat foto yang menarik, tapi ada yang bisa dipelajari dari instalasi seni yang mereka buat. Instalasi seni tersebar di kota Sydney dan untuk lebih memudahkan, semua informasi ada di situs resmi mereka yang dikelola dengan baik. Mungkin ketika berkunjung ke Sydney lagi, aku akan mencari instalasi seni lainnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar