World Clean Up Day

By Wina Silfanna - Senin, September 17, 2018

waaahhh sangat terasa udah setahun ga update blog. padahal masih rajin cek cek, sayangnya ga rajin buat tulisannya aja. Niatnya kemarin mau mulai nulis tentang perjalanan setahun ini tapi ga jadi terus karena: malas (padahal udah jepret sana sini tapi lebih milih upload instagram karena rasanya lebih mudah.

Daaann akhirnya niat nulis benar benar datang ketika bumi ini lagi di hari World Clean Up Day, hari yang mengingatkan kita kalau bumi masih kotor karena sebagian orang yang "khilaf" buang sampah sembarangan. Untungnya, cukup banyak orang yang sadar akan pentingnya kebersihan walaupun ga sebanyak yang bodo amat.

Jadi, di World Clean Up Day, beberapa tempat mengadakan kegiatan bersih bersih bersama yang salah satunya di Lapangan Merdeka. Kegiatan dimulai jam 7 pagi dan sayangnya aku gabisa ikut karena bangun aja jam 10 (mungkin yang bersih bersih udah pada selesai).  Teringat soal buang sampah sembarangan, kadang masih sedih melihat orang yang langsung melempar bungkus sisa jajanan ke jalan. Jika ditanya, alasan paling klasik adalah karena ga ada tong sampah. Memang benar kalau jumlah tong sampah di kota ini kurang banyak, tapi apakah sebegitu sulitnya untuk tetap menggenggam sisa sampah sendiri sampai menemukan tong sampah?

"Kan udah ada petugas kebersihan" Ya, ini benar, kota ini punya petugas kebersihan yang tiap pagi bisa kita lihat membersihkan beberapa sisi kota Medan. Tapi tetap saja, itu bukan alasan untuk membuang sampah sembarangan dan lagi pula, tidak ada salahnya kan kita meringankan tugas mereka dengan membuang sampah kita sendiri?

Tapi, apakah bersih bersih cuma pas hari kayak gini aja? Semoga ga. Karena sampah bukan cuma muncul di hari tertentu dan orang-orang juga buang sampah bukan di hari tertentu aja, setiap hari lebih tepatnya. Sangat baik kalau selain buang sampah pada tempatnya, kita juga ikut kegiatan bersih-bersih di manapun itu. Dan alangkah baiknya kalau kegiatan buang sampah pada tempatnya ini merupakan kegiatan harian yang dilakukan setiap orang di setiap tempat tanpa alasan tidak ada tong sampah ataupun karena udah bayar retribusi sampah. Semoga kota ini semakin bersih dan tidak hanya karena adanya petugas khusus kebersihan, tetapi karena warganya yang suka membuang sampah pada tempatnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar