Ada Apa di Penrith dan Emu Plains?

By Wina Silfanna - Senin, Maret 25, 2019

Yak, kembali lagi ke satu minggu satu suburb. Karena waktu itu aku tinggal di Cabramatta, beberapa ujung Line jadi lebih mudah dijangkau jika dibandingkan dengan waktu masih tinggal di Redfern.

Penrith menjadi tujuan akhir pekan waktu itu. Selain karena Penrith merupakan salah satu ujung Line T1, ada Lush Store di pusat perbelanjaan Westfield Penrith yang tidak jauh dari stasiun. Cuaca cerah dengan matahari yang terik, tapi karena masih winter, tetap aja dingin dan suhu bakal turun lagi di sore hari. Aku tetap dengan jaket tebal karena tidak tahan dingin sedangkan sebagian orang malah hanya mengenakan kaos tipis.

Dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari Cabramatta ke Penrith
"Ga jauh juga, mirip mirip lah Cabramatta ke Central" pikirku ketika melihat estimasi waktu di aplikasi TripView.

Aku ke Penrith bersama seorang teman dan dari Cabramatta kami harus ke salah satu stasiun dulu untuk pindah platform (kalau ga salah stasiun Seven Hills). Sampai di Penrith dengan cuaca yang tetap cerah hanya saja angin berhembus cukup kencang sehingga rasanya jadi semakin dingin. Dengan petunjuk Google maps, kami ke Westfield Penrith yang jaraknya cuma 5 menit dengan berjalan kaki.

Penrith New South Wales
sepertinya ini karena angin kencang
Aku langsung ke Lush Store untuk membeli titipan saudaraku. Setelah mengambil produk yang mau dibeli, aku ke kasir untuk membayar. Disaat mau keluar, satu pegawai Lush sedang demonstrasi salah satu produk di depan anak anak, aku lupa produk apa tapi warnanya biru dan penuh busa ketika dituang dari satu wadah ke wadah lain. Terlalu asik melihat anak kecil yang tertawa sambil bermain juga sesekali bertanya, aku jadi lupa mengabadikan momen itu.

Lush Penrith
LUSH
Kami duduk di food court untuk makan siang. Dan setelah menyantap Sushi, Fettucini, dan Nugget ayam kami keluar dari Westfield Penrith. Kami tidak cuci mata disana karena kami bukan tipe yang suka berlama-lama di mall 😆

Dilihat dari peta, ada sungai yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Westfield Penrith, sekitar 30 menit jalan kaki. Angin semakin kencang karena sudah sore tapi karena rasanya malas keliling di mall, kami coba berjalan kesana. Kami berjalan luruuuusss aja sampai tiba di sungai Nepean. Kami ke sisi seberang sungai lewat jembatan Victoria. Walaupun kecil, tetap aja ada ruang untuk pejalan kaki padahal dari yang aku amati daerah sekitar sini bukan tempat yang biasa dilalui orang dengan berjalan kaki.

Victoria Bridge and Nepean River

Sampai di seberang kami turun ke bawah jembatan untuk melihat sungai Nepean lebih dekat lagi. Tidak ada yang spesial, bagian bawah dan beberapa dinding jembatan hampir penuh dengan coretan mural dan ada sedikit sampah yang mungkin dibuang orang yang juga keliling sampai ke bawah jembatan. Kami sempat kaget ketika kereta lewat di atas kami. Tapi, menikmati sungai dari bawah jembatan cukup asik juga sepertinya hanya saja untuk ke tepi sepertinya cukup berbahaya jadi mungkin bisa aku coba di sungai lain aja.

Victoria Bridge
pemandangan dari bawah jembatan Victoria

Kami kembali ke jalan besar dan berjalan melewati tanah lapang yang sedikit berbukit, matahari mulai terbenam dan tidak disangka matahari terbenam dengan cukup indah disini.

Waktunya pulang, kami mengecek di peta sudah sejauh mana kami berjalan daaannn yak jauh ternyata untuk kembali ke stasiun Penrith. Tidak ada bus di sekitar sana dan stasiun yang lebih dekat adalah stasiun Emu Plains, kami melanjutkan perjalanan sekalian pulang ke Emu Plains.

Penrith New South Wales

Tidak banyak yang bisa dilihat di Emu Plains, hanya beberapa rumah, toko dan restoran. Mungkin juga karena kami hanya menjelajah di sekitar stasiun. Kami sempat melewati kedai kopi berbentuk bus bernama The Carriage di sebelah sebuah restoran. Kami sampai di stasiun dengan keadaan kedinginan dan haus juga lapar. Ada makanan ringan yang sempat dibawa tapi setelah dimakan yang ada kami jadi semakin haus 🤣, tidak ada tap water disana dan kereta datang sekitar setengah jam lagi.

Emu Plains Station

Setelah kereta datang menjemput, kami buru-buru naik karena kedinginan dan walaupun sudah capek, kami memutuskan untuk singgah di Auburn untuk menikmati segelas Cappuccino hangat dengan satu loyang pizza keju ukuran sedang.

di kereta menuju pulang

Itu lah Penrith dan Emu Plains yang sepertinya tidak akan aku kunjungi lagi.