Perbedaan Indomie Kuah di Beberapa Kota di Indonesia

By Wina Silfanna - Sabtu, Mei 11, 2019

Ini kenapa jadi bahas Indomie ya? Padahal rencana terakhir itu mau cerita soal nonton konsernya 5SOS di Melbourne. Tapi ntah kenapa Indomie ini terus yang di pikiran jadi mungkin harus dituntaskan dulu biar bisa cerita yang lain 😆

Awalnya ga kepikiran untuk mencari perbedaan Indomie di tiap kota, toh kalau keluar kota sebisa mungkin aku coba makanan khas kota itu walaupun, untuk beberapa kuliner khas kota lain kita udah bisa nemuin di kota kita sendiri di beberapa restoran atau hotel.

Indomie Kuah Medan
Indomie Kuah versi Medan

Ini bermula waktu lagi ke Bali dan diajak teman ke salah satu warmindo (warung makan Indomie) di Denpasar. Karena malam, walaupun tidak terlalu dingin tapi rasanya jadi mau makan Indomie Kuah. Aku pesan seporsi Indomie Kuah dengan telur. Sambil menunggu aku dan teman menyantap beberapa tusuk sate yang ada di setiap meja, ada sate telur puyuh, usus, dan kakul (sejenis keong atau siput).

Indomie Kuah datang dan yang muncul di pikiran ku adalah: "uumm.. serius gini doang indomie nya?" Jadi, ternyata, Indomie Kuah dengan telur di sana disajikan seperti yang biasa aku masak sendiri di rumah. Indomie yang direbus dengan air panas, telur, dan bumbu Indomie nya. Udah, itu aja. Ga ada printilan seperti Sawi, Bawang Merah, Cabai, atau bawang goreng seperti yang biasa aku nikmati di Medan. Yah ga salah juga sih abang yang jualan kan udah sesuai menu, Indomie Kuah + Telur.

Indomie Kuah Denpasar
Indomie Kuah versi Denpasar

Indomie Kuah Telur ala Denpasar ini membuat aku teringat dengan salah satu postingan tentang Indomie di salah satu kota di Indonesia bagian timur, penyajiannya juga sedikit berbeda dengan di Medan dan aku jadi berpikir "kira-kira di kota lain Indomie Kuah bakal dimasak gimana ya?"

Beberapa bulan setelah kejadian itu, aku ke Jogja. Di penghujung hari, aku teringat soal Indomie kuah ini dan menyempatkan diri untuk menikmati sekaligus membandingkan Indomie Kuah di Jogja dengan kota lain. Aku makan di salah satu warmindo yang tidak jauh dari tempat aku menginap. Seperti apa Indomie Kuah di Jogja? Indomie Kuah ala Jogja hadir dengan kuah yang cukup jernih, dengan sedikit sayur sawi di atasnya. Awalnya aku kira disajikan begini karena di warmindo ini aja, besoknya aku coba makan siang indomie Kuah di warmindo lain dan disajikan begitu juga.


Indomie Kuah Jogja
Indomie Kuah versi Jogja

Indomie Kuah kedua yang kami coba di Jogja

Satu lagi, Indomie Kuah yang pernah aku coba itu di Banda Aceh. Nah kalau disini, Indomie Kuah Telur itu dimasak dengan menambahkan bumbu yang biasa digunakan Mie Aceh. Rasanya jadi lebih pedas dari biasanya dan terkadang rasa dan aroma dari bumbu Indomie nya hilang.

Sejauh ini, Indomie Kuah Telur yang pernah aku coba masih Medan, Banda Aceh, Denpasar, Yogyakarta. Sayang sekali waktu ke Makassar tahun lalu ga kepikiran coba Indomie Kuah nya, terlalu fokus sama Coto sih 🤣


Indomie Kuah Aceh
Indomie Kuah di Solong Cafe Banda Aceh

Indomie Kuah Aceh
Indomie Kuah di Pantai Lampu'uk Aceh

Tambah lagi satu obsesi nirfaedah ku selain mencoba makanan khas di kota nya langsung, yaitu mencoba Indomie Kuah di tiap kota hahahah


*Indomie Goreng ga terlalu menarik untuk dicoba karena sejauh ini tidak terlalu berbeda penyajiannya walaupun untuk rata-rata enak.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar