Camping Ga Bayar di Free Camp Temora, New South Wales

By Wina Silfanna - Jumat, September 09, 2022

Bermula dari komentar di grup Facebook kalau ga salah, aku ketemu Temora Free Camp. Sebelumnya aku pernah berkemah di beberapa tempat gratis bersama seorang teman, tapi hanya di tenda. Dari dulu aku penasaran gimana rasanya tidur di dalam mobil. Setelah cek di Google Maps, cukup ini tempat berkemah gratis yang satu ini, lokasinya tidak jauh dari kota, malah dekat dari pusat kota. Oke, masukkan selimut dan bantal, aku berangkat ke Temora Free Camp.


Free Camp temora

Free Camp temora

Lokasinya memang dekat dari pusat kota, hanya sekitar 10-15 menit jalan kaki dari jalan utama pusat kota. Menariknya, ternyata Temora Free Camp berlokasi di stasiun yang sudah tidak beroperasi lagi. Stasiun dijadikan museum yang sayangnya waktu itu tutup.


Free Camp temora

Jadi, camping-nya di mana? lokasi berkemah disediakan di parkiran stasiun di sisi kanan. Mungkin dulunya stasiun kereta Temora cukup ramai dan sibuk melihat cukup luasnya parkiran. Tidak diperbolehkan mendirikan tenda, sepertinya cuma boleh yang berupa mobil atau campervan, mungkin mini swag boleh, tapi ntah la.


Free Camp temora

Free Camp temora

Di sebelah bangunan stasiun ada toilet yang digunakan cukup banyak orang yang datang silih berganti. Mungkin mereka juga pelancong atau penduduk dari kota terdekat yang sedang ada urusan di Temora dan tau ada toilet bersih di stasiun.

Ngomongin toiletnya, waktu aku masuk ke dalam bersih dan tidak bau. Tisu tersedia, sabun untuk menyuci tangan dan pengering tangan juga tersedia. Ada seorang ibu bersama anaknya masuk ke toilet, sedikit riweh karena anak kecil yang masih susah disuruh diam, tapi mereka tidak meninggalkan sampah atau tisu berserakan. Aku tidak menemukan shower room, mungkin di sisi lain atau memang tidak ada.


Free Camp temora

Free Camp temora

Di sebelah bangunan toilet ada bagunan yang disebut Platform Y yang sepertinya merupakan tempat untuk perkumpulan komunitas sosial juga staf yang menjaga keseluruhan tempat ini. Di sebelahnya algi ada bangunan mungil dengan nama "Gidginbung", isinya berupa poster sejarah kota Temora, peta kota, dan informasi lain tentang kota Temora.


Free Camp Temora

Free Camp Temora

Free Camp Temora

Di depan area berkemah ada lapangan yang cukup luas, ada tempat bermain untuk anak kecil bahkan ada untuk skate juga, ada tempat masak BBQ yang bersih lengkap dengan meja makannya, dan ada kamera CCTV yang membuat aku merasa lebih aman. Di taman juga ada bangunan yang seperti panggung mini. Syukurnya ada colokan jadi aku bisa ngecas HP dan kamera.


Free Camp Temora

Free Camp Temora

Free Camp Temora

Free Camp Temora

Untuk yang membutuhkan air untuk campervan, ada keran air di dekat area kemah, aku ketemu satu di antara bunga dan tanaman dekat dengan tempat memarkirkan mobil.

Walaupun gratis tapi kita tidak boleh menginap terlalu lama di sini, hanya boleh dua malam maksimal. Di dekat arah masuk ada kotak donasi untuk membantu komunitas dan juga menjaga Free Camp Temora.


Free Camp Temora

Free Camp Temora

Aku menginap satu malam aja di Free Camp Temora. Aman aman aja walaupun gelap gulita dan hampir ga ada suara. Sempat takut juga waktu ada satu dua mobil yang datang, sepertinya mereka cuma istirahat sebentar karena sudah tidak kelihatan lagi waktu aku bangun keesokan paginya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar