5 Taman Favoritku di Sydney. Kamu Suka Yang Mana?

Leave a Comment
Sydney merupakan salah satu kota besar di Australia juga menjadi kota yang padat penduduk. Sydney termasuk kota yang sering masuk di dalam daftar tujuan berlibur karena selain modern banyak bangunan lama yang indah masih berdiri ditambah dengan fasilitas yang lengkap untuk para pelancong. Banyak yang bisa dikunjungi di Sydney mulai dari pantai, mall, museum, dan taman.

Ngomongin soal taman, ada banyaakkk taman di Sydney. Hampir setiap suburb punya taman dan bahkan di pusat kota yang penuh dengan bangunan. Kalau lagi senggang atau lagi pingin cari tempat yang tenang, biasa aku bakal cari taman. Nah, selama WHV-an di Sydney, ini 5 taman di area Sydney CBD yang aku suka.

1 Hyde Park

Aku rasa ini taman terbesar yang berlokasi di pusat kota Sydney. Hyde Park merupakan taman terbuka tertua di Australia dengan luas 16.2 hektar berbentuk persegi panjang yang satu sisinya berbentuk bundar. Banyak turis atau warga lokal yang sering bersantai disini sekalian mengerjakan tugas sekolah, sekedar berkumpul bersama teman, atau makan siang untuk mereka yang bekerja tidak jauh dari taman. Hyde Park punya dua stasiun di tiap sisi. Ada St James Station di sisi yang mengarah ke Sydney Opera House dan disisi ini kita bisa melihat St Mary's Cathedral yang berdiri megah dan semakin cantik setelah sisi kiri atapnya direnovasi. Sisi lain Hyde Park memiliki pohon yang lebih rimbun, ada ANZAC War Memorial di tengahnya dan Museum Station di ujung taman.


ANZAC War Memorial Hyde Park Sydney
ANZAC War Memorial




Jika haus, di taman ini ada tap water untuk minum langsung atau mengisi lagi botol air yang kita bawa, jadi lebih baik bawa botol air karena selain mahal, repot juga harus jalan cari toko yang menjual air mineral.



2 Victoria Park

Victoria Park termasuk taman yang besar juga dan karena lokasinya yang berdekatan dengan University of Sydney, taman ini ramai dilalui mahasiswa karena banyak juga yang ngekos di sekitar sana. Victoria Park punya tempat BBQ dan taman bermain untuk anak kecil jadi di saat weekend taman ini pun ramai oleh keluarga yang santai bersama anak-anaknya.


Victoria Park Sydney NSW


Dulunya Victoria Park merupakan bagian dari Grose Farm yang pada tahun 1853 dijadikan bagian dari jalan masuk menuju University of Sydney, salah satu universitas terkece di Sydney. Lebih lengkap lagi, ada kolam dan danau kecil di taman ini bernama Lake Northam yang cantik dipandang di sore hari. Ada yang unik di Victoria Park yaitu ada tiang totem di sudut selatan taman, totem ini dipahat oleh Simon Charlie, orang Quamichan yang berasal dari Vancouver Island.



3 Prince Alfred Park

Prince Alfred Park tidak serimbun Hyde Park dan Victoria Park yang penuh dengan pohon besar yang menjulang tinggi. Selain punya tempat BBQ taman ini punya kolam dan ada beberapa lapangan seperti tenis dan basket, karena itu Prince Alfred Park lebih ramai di sore hari oleh oorang-orang yang jalan-jalan sore bersama anjingnya atau sekumpulan anak muda yang berolahraga. Lokasinya juga dekat dengan Central Station sehingga taman ini kerap dijadikan jalan alternatif untuk mereka yang menghindari keramaian di jalan utama.



4. Redfern Park

Bisa dibilang aku terlambat menemukan taman ini. Aku ketemu Redfern Park setelah tinggal hampir 3 bulan di Redfern. Sering gitu kan ya, kita mainnya lebih milih yang jauh daripada sekitaran rumah ๐Ÿ˜†. Redfern Park ga sengaja aku temukan ketika lagi jalan-jalan sore tanpa arah. Taman ini tidak terlalu besar tapi punya tempat BBQ, benerapa meja, dan ada stadion mini di pinggir taman. Disini banyak merpati jadi hati-hati juga ya kalau lagi duduk di bangku yang di atasnya pohon rimbun.


Redfern Park Sydney


Redfern Park berlokasi di antara perumahan jadi suasana di sini lebih tenang dari taman yang kuceritakan sebelumnya. Oh ya, satu yang menarik disini adalah taman ini dipenuhi oleh pohon palem yang berjejer rapi.



5. Belmore Park

Aku akui, dibanding empat taman sebelumnya, Belmore Park adalah taman yang paling biasa. Taman ini tidak terlalu besar, pohon yang tidak terlalu rimbun menjulang sangat tinggi, bangku tidak banyak dan sebagian besar memiliki bercak kotoran burung.

Tapi, taman yang paling sering dilalui orang ini merupakan taman favoritku. Ntah la, aku terkadang bingung kenapa. Mungkin kalau dipikir pikir, ini karena Belmore Park adalah taman yang pertama kujumpai ketika aku pertama kali menginjakkan kaki di Australia.


Belmore Park Sydney


Belmore Park berlokasi tepat di depan Central Station, stasiun tersibuk di Sydney. Taman dengan pohon yang besar, manusia yang berlalu lalang, merpati dan camar yang terbang kesana kemari berburu sisa makanan, gelandangan berpakaian tebal yang tidur di atas bangku taman mungkin merupakan pemandangan yang sangat asing waktu itu sehingga Belmore Park menjadi taman paling berkesan. Kalau lagi jalan-jalan di sekitaran city dan setelah itu capek atau bingung mau kemana lagi, biasanya aku bakal duduk di taman ini untuk sekedar melamun atau memperhatikan orang-orang yang lewat.







Itulah 5 taman favoritku selama tinggal di Sydney, kira kira udah kebayang kan gimana tamannya? Kalau kamu suka yang mana? ๐Ÿ˜†

0 komentar:

Posting Komentar