Hi, Newtown. My Favorite Suburb

By Wina Silfanna - Selasa, Maret 05, 2019

Jadi sebenarnya ini udah lamaaaaa mau ditulis tapi karena malas dan lupa terus ingat terus lupa lagi, cerita tentang Newtown pun bakal jadi hari ini (semoga!)


Newtown


Sedikit penjelasan tentang Newtown. Newtown merupakan suburb yang berjarak sekitar empat kilometer dan terletak di sisi barat-daya dari pusat kota Sydney. Dengan King Street sebagai jalan utama, ada banyak restoran dengan beragam jenis makanan yang bisa ditemukan di sepanjang jalan ini (sampai punya julukan "eat street"). Tidak hanya itu, masih banyak hal menarik lainnya yang membuat Newtown menjadi salah satu suburb yang wajib dikunjungi kalau lagi traveling ke Sydney

Aku pertama kali main ke Newtown waktu lagi ada acara Newtown Festival, November 2017. Katanya ini acara tahunan di Newtown dan salah satu event yang harus didatangi. Karena di flyer yang aku lihat bakalan ada jualan makanan juga, aku ikutan kesana.


Enmore Theatre
ini bukan lokasi Newtown Festival

Ntah Sabtu ntah Minggu, yang jelas akhir pekan, aku bersama beberapa teman pergi ke Newtown sekitar jam 11 siang. Sampai di stasiun Newtown, wuuiihh ramenyaaaa dan ternyata rata-rata pada mau ke ini festival juga. Lokasi acara di Camperdown Memorial Rest Park dan setelah berkeliling dengan waktu yang tidak begitu lama, kesimpulannya adalah ini festival musik, dengan stand penjual makanan, barang-barang vintage, produk ramah lingkungan, dan beberapa arena permainan. Waktu itu lagi panas terik dan band yang tampil lagunya ga begitu sesuai dengan seleraku, jadi: Bye Newtown Festival, sampai jumpa kapan-kapan :)

Sambil menunggu teman di luar lokasi acara, aku melihat seni mural yang cukup menarik di sisi kanan jalan kecil di seberang kami.

ke Newtown lagi

Waktu itu diajak ke Newtown lagi, tapi cuma jalan-jalan aja. Mengingat kejadian Newtown Festival, aku mengiyakan untuk hanya untuk nambah kegiatan di hari libur. Kalau waktu itu dari stasiun langsung menyebrang jalan menuju Camperdown Memorial Rest Park, kali ini kami berjalan menyusuri King Street daaaaannn ini lah yang bakal buat aku jadi suka Newtown.





Jadi ceritanya ini cuma nemenin teman dan aku cuma ikut aja mereka kemana. Awalnya kami ke beberapa toko baju yang aku suka aja sama suasana tokonya dan pakaiannya (aku kurang paham istilahnya dan waktu itu sama sekali ga ada foto, nanti kalau kesana lagi mungkin aku fotoin). Setelah itu kami ke toko buku "Bodhi" yang punya aroma yang menarik, aku lupa itu aroma apa tapi salah satu teman bilang kalau aroma itu memang lagi populer pada kala itu. Ga cuma aroma, yang buat toko buku ini menarik selain bukunya yaitu pernak pernik selain buku yang mereka jual. Ada tas kecil, boneka, dan ntah apa lagi (maaf untuk foto belum ada karena kemarin fokus video). Aku ga beli satupun buku mengingat buku yang dibeli di Usyd Book Fair belum semuanya selesai dibaca.


Newtown Street Library


Kami berjalan menuju perempatan dan ketika hampir sampai, ada rak kecil bertuliskan "street library" yang diisi beberapa buku ntah oleh siapa. Whooaaaa keren ada yang kayak gini disini, mungkin, kemungkinan orang datang untuk ambil buku - kemudian baca - kemudian balikin ke tempat asal itu kecil. Tapi, dengan ada rak kecil di perempatan yang sering dilewati orang, mungkin itu bisa menaikkan minat baca.

Tujuan selanjutnya adalah membeli poster dan kami masuk ke Blue Dogs Art Shop. Ada banyak lukisan, karya seni, kaos sampai botol vodka yang lucu lucu (mau beli tapi cuma bisa diisi air dikit doang 😂)

Newtown dikenal sebagai tempatnya seni mural yang keren dan instagram-able. Aku rasa memang keren dan seni mural disini ga cuma sebatas coretan doang, nambah lagi alasan kenapa Newtown jadi rekomendasi tempat yang harus dikunjungi kalau lagi wisata ke Sydney.




Semakin terkenal juga karena Coldplay pernah buat video klip disini, ga heran banyak yang suka foto-foto apalagi disini nih:


Newtown Street Art


Untuk makanan di Newtown juga banyak pilihannya mulai dari makanan Thailand, Yunani, Jepang, terus apalagi ya? Kedai kopi ada pastinya dan untuk siapa aja yang termasuk golongan sweet tooth, jangan lupa singgah ke Black Star Pastry untuk icip icip Watermelon Cheesecake nya. Kalau mau yang halal, ada kok satu restoran Thailand yang menunya halal, namanya It's Time for Thai dan restoran ini ada di beberapa tempat di Sydney.


It's Time For Thai Halal Newtown


It's Time For Thai Halal Newtown


Hal terakhir yang buat aku suka Newtown: banyak toko bukuuuuu. Newtown ini sebenarnya termasuk kecil dan ini yang buat aku salut, jarak satu toko buku ke toko buku lain itu ga terlalu jauh, mungkin sekitar 200m. Waktu itu karena terlalu senang, aku sampe disuruh tenang sama teman 😂


Newtown Book Store





A post shared by Wina Silfanna (@winahsb) on

Bonus: di dekat stasiun biasanya ada musisi yang nampil mulai dari main gitar doang sampai yang satu grup. Rata-rata enak didengar.


Newtown


Kunjungan kedua ke Newtown ini benar benar berkesan sampai Newtown jadi suburb yang paling sering aku kunjungi. Dan susah nolak juga setiap diajak ke Newtown, kemungkinan besar pasti langsung bilang: "oke, aku ikut"

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    BalasHapus