Ketemu Ujung Rel di Richmond, New South Wales

By Wina Silfanna - Selasa, Maret 12, 2019

Jadi, mengingat sisa waktu Work and Holiday Visa tinggal tiga bulan lagi dan bakal dihabiskan di Sydney, aku buat satu kegiatan mingguan. Namanya 1 minggu 1 suburb, terserah suburb mana yang penting yang belum pernah dijelajahi. Kalau pun itu suburb yang udah pernah aku kunjungi sebelumnya, tak apa yang penting coba jelajahi sisi yang belum pernah aku singgahi.

Kalau ga salah waktu itu hari Minggu, setelah nyuci, makan siang, bersihin kamar, dan beres beres lainnya. Saatnya jelajah suburb! Aku ke stasiun Cabramatta platform 1. Rencananya aku mau coba berhenti di stasiun terakhir salah satu line dan dari layar, ada dua yang kira-kira bisa aku pilih, Quakers Hill dan Richmond. Dua-duanya tidak terlalu jauh tapi kalau dibandingkan, Richmond lebih jauh. Karena waktu itu sudah pukul 2-3 siang, aku pilih Quakers Hill yang lebih dekat biar pulangnya ga kemalaman.

Richmond New South Wales

Enaknya di Cabramatta Station (aku sempat tinggal di Cabramatta selama 3 bulan) adalah, walaupun cuma punya dua platform, tapi stasiun ini dilewati banyak jalur dan untuk ke Quakers Hill, tinggal menunggu yang Line T5 biar ga repot pindah pindah platform di stasiun lain. Kereta dengan tujuan akhir Quakers Hill pun datang dan ternyata yang datang kereta dengan gerbong sedikit, mungkin karena stasiun-stasiun yang akan dituju adalah stasiun yang tidak ramai.

Betul memang, ga banyak yang naik jadi memilih bangku pun bebas mau duduk dimana aja. Aku pilih di bawah tapi dekat dengan pintu kereta. Waktu yang dibutuhkan dari Cabramatta ke Quakers Hill sekitar 45 menit melewati 14 stasiun.

Aku pun sampai di stasiun Quakers Hill, waktu itu matahari agak terik tapi ada angin jadi ga panas. Aku keluar dari stasiun dan memilih ke arah kanan untuk mulai berjelajah. Sepertinya banyak orang India yang tinggal disini karena ada beberapa restoran India. Aku jalan sampai ke jembatan kecil dekat supermarket dan...

Uumm... Ini aja?

Jalanan sepi, kalau jalan terus melewati jembatan yang ada hanya rumah warga. Sempat terdiam berdiri berpikir mau lanjut atau balik ke stasiun, aku pilih yang kedua.

Quakers Hill New South Wales
Quakers Hill yang tenang, sepi, dan...... udah itu aja

Masih ada waktu sekitar 15 menit menunggu kereta selanjutnya datang, tapi daripada keliling sedikit lagi, aku lebih memilih duduk di stasiun sambil memikirkan naik kereta menuju pulang atau mencari suburb lain untuk dijelajahi.

Mau pulang rasanya tanggung dan belum lama juga keluar, aku melihat ke layar dan di platform 2 akan datang kereta dengan tujuan akhir ke Richmond. Perlu sekitar setengah jam dari Quakers Hill ke Richmond tapi karena sepertinya masih sempat, sore ini lanjut ke Richmond.

Lebih sepi dari yang sebelumnya. Hanya sekitar 5-6 orang yang naik. Ntah la, mungkin sebagian warga yang tinggal cukup jauh dari pusat kota lebih memilih untuk mengendarai mobil mereka masing-masing atau memang tidak banyak yang tinggal di sekitaran sana.

Pemandangan pun mulai berubah, yang tadinya rumah rumah warga atau beberapa toko yang buka di dekat stasiun. Kali ini lebih banyak ladang. Sebelum sampai stasiun Schofield, beberapa kuda yang sedang makan menjadi pemandangan sore minggu ini. Di stasiun Riverstone, terlihat menarik karena punya kesan seperti stasiun lama. Seterusnya sampai Richmond pemandangan tidak jauh berbeda, ada kebun kecil, ladang, hingga tanah kosong.

Riverstone New South Wales
sedikit penasaran sama Riverstone

Aku sampai di stasiun Richmond yang cuma punya 2 platform tapi luas. Sangat sedikit yang turun dan sepertinya mereka adalah orang yang memang tinggal disini. Aku cek di aplikasi jadwal kereta di Sydney (TripView) dan kereta di Richmond ada setiap setengah jam.

Aku berjalan ke arah gerbang keluar di dekat platform 2 dan ketika hampir sampai aku menoleh melihat kereta yang mulai berangkat. Mata tertuju ke rel yang cuma samlai di dekat gerbang keluar.

Wwuoohh ujung reellll!!!!!
Akhirnya ketemu jugaaa hahahahahah

Ada apa emangnya dengan ujung rel?

Richmond New South Wales

Sebenarnya ga ada apa apa, cuma dulu aku sempat penasaran aja mau kiat ujung rel kereta di Sydney. Pernah lihat satu di sekitaran kota tapi karena di sebelahnya masih ada beberapa rel lain, rasanya kurang aja. Pingin lihat yang mentok abis ga ada lanjutannya lagi 😆. Pernah ke salah satu stasiun terakhir di Line T2, Leppington tapi ternyata relnya masih nyambung.

Setelah puas melihat ujung rel 🤣🤣 aku keluar dan berjalan ke arah kiri stasiun. Richmond tenang dan sepi, tidak terlalu banyak penduduk. Beberapa rumah terlihat sudah cukup lama dan yang lainnya berupa tipikal rumah daerah suburb yang cuma berlantai 1 dengan halaman.

Aku keliling sedikit sampai balik ke taman yang ada di seberang stasiun, Richmond Park. Richmond Park cukup besar, di beberapa sisi ada pohon, bangku, dan taman bunga kecil dengan air mancur di dekat Richmond and District Memorial. Beberapa warga terlihat jalan jalan sore bersama keluarga membawa anjing kesayangannya, ada juga yang olahraga sore. Sempat melihat beberapa anak yang lari dengan seragam hijau yang seoerseper seragam pramuka mereka, mau foto tapi udah terlanjur kejauhan.

Richmond Memorial New South Wales
Richmond and District Memorial

Lanjut keliling, aku jalan ke Windsor Street yang ga jauh juga dari stasiun mengingat kalau ketinggalan bakal harus nunggu setengah jam untuk kereta selanjutnya lagi. Ada supermarket Coles yang sempat aku singgahi untuk beli cokelat, ada juga ternyata cafe yang menarik yang mungkin akan aku kunjungi kalau ada kesempatan main ke Richmond lagi. Masih ada beberapa bangunan tua yang menambah kesan lawas Richmond dan di satu gang kecil ada seni mural.

Richmond New South Wales

Yak, sebentar lagi kereta menuju Cabramatta tiba. Waktunya jalan ke stasiun. Sebenarnya pingin keliling lebih lama karena suka aja sama suasana di Richmond ini. Tapi kalau naik kereta yang setengah jam lagi ntar kemalaman karena dari Richmond ke Cabramatta perlu waktu sekitar 1 1/2 jam.

Semoga tahun ini kita bisa ketemu lagi, Richmond.