Apply Temporary Activity 408 Covid-19 Visa

By Wina Silfanna - Jumat, April 30, 2021

Aku ga tau tanggal pastinya, tapi kalau ga salah aku mulai dapat informasi tentang visa ini di bulai Mei tahun lalu, 2020. Waktu itu Covid-19 di Australia lagi parah, lockdown di mana-mana, aktifitas dibatasi, dan informasi yang simpang siur membuat banyak backpacker atau Working Holiday Visa holder kembali ke negara asalnya.

Tidak heran banyak yang memilih pulang karena susahnya mendapat pekerjaan kala itu, belum ada bantuan dari pemerintah karena mereka sedang fokus ke warga negaranya, pastinya. Tapi tidak lama setelah itu, pemerintah Australia pun mulai membantu salah satunya dengan menerbitkan visa Temporary Activity 408 Covid-19. Visa ini diperuntukkan ke orang yang tidak punya pilihan visa lain untuk melanjutkan tinggal di Australia, tapi bekerja di bidang yang termasuk critical seperti: Agriculture, Food Processing, Health, Aged, dan Child Care.





Untuk saat ini, aku salah satu pemegang visa Temporary Activity 408 Covid-19. Berikut tahapan dan syarat dokumen untuk visa ini.

1. Employment Letter dari tempat kita bekerja
2. Health Insurance
3. Police Check
4. Passport
5. Payslip
6. Bank Statement/Proof of Balance

Untuk tahapan apply Temporary Activity 408 Covid-19 Visa:

  • Visa ini bisa di apply saat visa yang kita punya akan kadaluwarsa dalam 28 hari
  • Minta Employment Letter ke perusahaan, kalau aku kemarin ngomong ke manager dan dikasih e-mail yang selanjutnya aku hubungi untuk meminta Employment Letter. Selama hari kerja dan perusahaan tidak sibuk, biasanya cepat (aku kerja di pabrik Apel waktu itu)
  • Urus AFD Police Check, biayanya kalau tidak salah AUD42 dan akan dikirim hard copy ke alamat kita. Selanjutnya terserah mau difoto atau scan.
  • Untuk Health Insurance aku pakai yang paling murah dari BUPA dan ternyata bisa, wlaupun sebelumnya pernah ada yang bilang mesti yang cover nya lebih banyak.
  • Payslip aku cuma melampirkan yang paling terakhir aku dapat
  • Terakhir untuk status finansial, aku pilih Proof of Balance karena lebih gampang.
  • Harga visa Temporary Activity 408 Covid-19: Gratis.

Proses aplikasi visa dan pengisian data tidak jauh berbeda dari Working Holiday Visa, hanya saja ada beberapa pilihan berbeda dan ada pertanyaan tertentu tentang kenapa kita apply visa ini dan bagaimana kita membiayai hidup di Australia. Oh ya biaya visa Temporary Activity 408 Covid-19 gratis, setelah selesai dengan dokumen dan aplikasi, akan datang pemberitahuan untuk medical check (ga perlu kalau ada medical check dalam setahun terakhir atau kalau kamu dari negara tertentu seperti Jepang misalnya).


Orange, New South Wales


Aku apply visa ini di Juli 2020, tapi sempat bridging sekitar delapan bulan karena medical check appointment pertama di Melbourne dibatalkan di saat lockdown kedua terjadi, aku booking lagi sekitar dua bulan kemudian di Bendigo, Victoria. Tapi tidak diterima karena waktu itu ada empat kasus positif di suburb tempat aku tinggal. Akhirnya aku medical check sekitar minggu kedua April 2021 dan visa granted di minggu ketiga dengan masa tinggal setahun sampai April 2022 (ga ada No Further Stay).

Untuk informasi dari situs resmi pemerintah Australia tentang visa ini, bisa klik disini

Yap, sekian tentang Apply Temporary Activity 408 Covid-19 Visa, semoga membantu :)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar