Kok Bisa Ya Batu di Sawn Rocks Rapi Gini?

By Wina Silfanna - Sabtu, September 25, 2021

Tujuan awal ke Narrabri sebenarnya pingin aja nyetir jauh, terus karena ada kawan yang tinggal di sekitar sana, ya sekalian kunjungan biar sekalian jalan jalan bareng. Eh ternyata temannya si kawan sakit jadi dia harus kerja buat gantiin, aku tanya tempat yang bisa didatangi di sekitar Narrabri dan karena dia ga tau, aku cek Google Maps dan ketemu Sawn Rocks yang ga terlalu jauh dari Narrabri.


sawn rocks narrabri

Dilihat dari foto di Google Maps, kayaknya boleh sih ini buat didatangi, cuma sekitar setengah jam dari Narrabri. Badan masih lumayan capek soalnya karena nyetir hampir tujuh jam kemarin.

Waktu itu hari Selasa dan ketika sampai di parkiran aku kaget sama banyak mobil, ga terlalu banyak, sih. Total ada sekitar 20 orang dan aku mikir "ini pada ga kerja ya orang tuanya?" Terus sadar bisa jadi mereka cuti atau hari liburnya justru bukan di akhir pekan, sama seperti penulis blog ini hahahahahha.


sawn rocks narrabri

Pemandangan dari area parkir cukup indah karena sempat menanjak menuju tempat parkir. Aku berjalan ke papan pusat informasi dulu untuk melihat seberapa jauh dan seberapa sulit tingkat perjalanan menuju Sawn Rocks. Jaraknya dekat hanya 750 meter dengan tingkat perjalanan: mudah.



sawn rocks narrabri

sawn rocks narrabri

Tidak jauh dari papan informasi, ada toilet dan area untuk piknik. Area piknik berupa meja dan dua kompor untuk BBQ. Tidak ada tong sampah di sekitar area piknik tapi tetap bersih, rata-rata pada sadar diri sampahnya dibawa pulang kalau ga ada tong sampah.

Jalan menuju Sawn Rocks beneran mudah, ga keringatan juga karena angin yang cukup kencang walaupun matahari cukup terik. Sesekali aku berhenti melihat pemandangan gunung dan hutan.


sawn rocks narrabri

sawn rocks narrabri

sawn rocks narrabri

Sawn Rocks terletak di bagian utara Taman Nasional Gunung Kaputar, sekitar 36km dari Narrabri, New South Wales. Sawn Rocks merupakan bebatuan yang berbentuk seperti pipa dan berjejer rapi. Kok bisa gitu bentuk batunya? Dari yang aku baca, ini terjadi dari proses batu dari gunung berapi yang meleleh kemudian menjadi dingin dengan proses yang cukup lama.


sawn rocks narrabri

sawn rocks narrabri

Aku kira bakal berjejer panjang jauh gitu, tapi ternyata tidak. Tapi ini saja sudah mengagumkan, aku suka melihat batu yang berakhir dengan bentuk menarik setelah melewati proses alam yang sangat lama. Di road trip sebelumnya di Northern Territory ada banyak, tapi masih nyangkut di folder doang 🤣.

Puas melihat Sawn Rocks, aku kembali ke papan informasi untuk melihat tempat mana lagi yang bisa aku kunjungi. Ada Killarney Gap, dan Mill-Bullah Water Holes di Was Gorge.

Aku coba ke Killarney Gap tapi kemarin ntah kenapa agak nyasar jadi aku lanjut aja ke Waa Gorge. Waa Gorge akan ditulis nanti dan sepertinya akan lebih panjang karena banyak yang menarik di sana 😂


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar